Jumat, 31 Juli 2015

Jangan kelewatan, malam ini bulan purnama 'biru' sinari Bumi!

       Bulan berwarna biru. © Priya Kumar
Kehidupan - Malam hari nanti, tanggal 1 agustus, penduduk Bumi bisa melihat sebuah sebuah fenomena langka bulan yang disebut Bluemoon. Apakah dengan begitu bulan akan memancarkan sinar biru?
Bluemoon sejatinya adalah istilah untuk bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan. Di bulan Juli ini, bulan purnama pertama sudah terjadi tanggal 2 kemarin, dan bulan purnama kedua akan terjadi nanti malam.
Lebih lanjut, fenomena Bluemoon terjadi setiap 2-3 tahun sekali. Berdasarkan data dari Earthsky.org, Bluemoon terakhir terjadi tanggal 31 Agustus 2012 lalu.
Lalu, apakah nanti malam bulan akan benar-benar memiliki sinar berwarna Biru? Sayang sekali jawabannya kemungkinan adalah tidak.
Bulan purnama penuh yang akan Anda lihat malam ini akan tetap bersinar dengan warna kuning. Masih sama dengan warna sinar yang yang dipantulkan oleh Bulan dari matahari.
Namun, Bulan bersinar dengan warna biru bukanlah hal yang mustahil terjadi, meskipun diketahui sangat langka. Fenomena bulan berwarna biru menurut Earthsky.org tidak bisa diprediksi kemunculannya.
Alasannya, warna biru dari cahaya Bulan terjadi akibat kondisi langit. Cahaya bulan yang berwarna kuning akan berubah menjadi biru saat melewati partikel debu di angkasa. Semakin banyak debu yang ada, kesempatan sinar Bulan untuk menjadi biru semakin tinggi.
Oleh sebab itu, Anda sebaiknya tetap berusaha mengamati Bluemoon nanti malam, karena bukan tidak mungkin akan ada banyak debu yang beterbangan di angkasa dan membuat bulan bersinar biru.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar