Jumat, 31 Juli 2015

Meteor Kembali Datang

kehidupan - Dunia maya baru saja dibuat heboh oleh kemunculan video sebuah bola api hijau misterius di atas langit kota Buenos Aires, Argentina.
Kejadian itu terjadi sekitar pukul 9 malam waktu setempat (31/07). Jatuhnya bola api yang diduga sebagai meteor selama 10 detik itu pun berhasil disaksikan, bahkan direkam oleh banyak orang. Mereka pun lantas ramai-ramai mengunggahnya ke dunia maya.
Di internet, netizen menggunakan hastag #cieloverde di setiap postingan atau komentar yang berhubungan dengan jatuhnya meteor di Argentina itu. 'Cieloverde sendiri artinya 'langit hijau' dalam bahasa Spanyol.
Menurut manajer dari pusat observasi benda luar angkasa di Sidney, Geoffrey Wyatt, bola api hijau itu disebut 99 persen adalah meteor.
"Penampakan seperti ini sebenarnya biasa terjadi. Namun, sangat beruntung ada orang-orang yang berhasil merekamnya dalam sudut yang pas," ujar Geoffrey pada 9news.com.au.
Lebih lanjut, Geoffrey mengatakan mustahil mengetahui ukuran pasti dari meteor tersebut. Tetapi, dia memperkirakan ukurannya di bawah satu meter, bisa sebesar bola basket.
Lalu, bagaimana bisa bola api meteor itu berwarna hijau?
Geoffrey menjawab bila warna hijau itu muncul akibat gesekan antara meteor dengan oksigen yang ada di atmosfer.
"Warna hijau itu adalah warna khas oksigen di atmosfer. Jika Anda mengionisasi oksigen, dia akan menyala hijau seperti itu," ujar Geoffrey.
Jatuhnya meteor hijau itu pun memantik kehebohan di sosial media. Di Twitter saja, menurut data Topsy.com, hastag #cieloverde telah digunakan hingga 3.491 kali dalam beberapa jam terakhir. Dan bukan hanya postingan berupa gambar, video pendek dan GIF jatuhnya meteor itu juga membanjiri forum dan sosial media lain, seperti 9Gag misalnya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar